Format Rencana Bidang Pengembangan



RENCANA BIDANG PENGEMBANGAN (RBP)
TK TUNAS BANGSA
TAHUN AJARAN 2016/2017

1.      Tema                               :
Subtema                          :
Topik                               :
Tanah Air
Negaraku
Bendera
2.      Kelompok Usia               :
4-5 tahun
3.      Lingkup Perkembangan:
Motorik Kasar
4.      Tingkat Pencapaian Perkembangan               :
Melakukan Gerakan Menggantung (bergelayut) (2)
5.      Tujuan                             :
a.       Mengenalkan bendera negara.
b.      Mengenalkan cara atau aturan main.
c.       Untuk melatih dan mengembangkan motorik kasar anak.
6.      Kegiatan Main                :
a.       Memindahkan Bendera dari satu tempat ke tempat lainnya dengan melewati “Monkey Bar”.
7.      Metode yang digunakan:
a.       Tanya Jawab:
Guru mengajukan beberapa pertanyaan (terkait permainan yang akan dimainkan) yang dapat merangsang pengetahuan anak dan memberikan kesempatan pada anak untuk mengungkapkan pendapat, kemudian guru . 
b.      Demonstrasi:
Guru mendemonstrasikan (memberikan contohkan) bagaimana cara bermain kepada anak-anak
c.       Bermain
8.      Alat Evaluasi                  :
a.     Observasi
9.      Alur Kegiatan main:
a.     Guru menyiapkan bahan dan alat main
1)      Alat permainan outdoor “Monkey Bar”
b.    Pembuka (Awal)
1)      Mengajak anak membuat lingkaran (circle time)
2)      Guru memberikan salam
3)      Menawarkan kepada anak untuk memimpin do’a (do’a sebelum belajar)
4)      Menawarkan kepada anak untuk memimpin hafalan surat pendek
5)      Guru mengabsen anak
6)      Membahas tema “Negara” (Mengenalkan bendera negara (bendera merah putih).
7)      Mengenalkan permainan dan berdiskusi dengan anak untuk membuat aturan main.
c.    Inti
1)      Guru mendemonstrasikan permainan Memindahkan Bendera dari satu tempat ke tempat lainnya dengan melewati “Monkey Bar”
2)      Guru mengajak anak untuk berbaris antri menunggu giliran
3)      Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bermain
4)      Guru memberikan dukungan kepada anak saat permainan
d.   Penutup (Akhir)
1)      Guru mengajak anak untuk mencuci tangan
2)      Guru mengajak anak untuk membuat lingkaran
3)      Recalling yaitu guru menanyakan pada anak kegiatan/permainan apa saja yang telah dilakukan
4)      Refleksi yaitu guru menanyakan kepada anak tentang perasaan anak setelah melaksanakan kegiatan.
5)      Pendidik  menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk hari berikutnya.
6)      Berdoa pulang, salam.
10.  Alat dan Sumber Belajar yang digunakan              :
a.       Karpet
b.      Bendera
c.       Ember
d.      Alat Permainan Outdoor “Monkey Bar”














LAMPIRAN

1.      GAMBAR MONKEY BAR
2.      LAGU
a.      Berkibarlah benderaku
Ciptaan: Ibu Sud

Berkibarlah benderaku
Lambang suci gagah berwira
Di seluruh pantai indonesia
Kau tetap pujaan bangsa

Siapa berani menurunkan engkau
Serentak rakyatmu membela
Sang merah putih yang berwira
Berkibarlah selama-lamanya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LANDASAN DAN KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PENDIDIKAN INKLUSI

Makalah PERILAKU AGRESIF

SARANA DAN PRASARANA PADA KELEMBAGAAN TPA